RESUME BUKU
BAB V
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
di susun oleh :
1)
Hery
Wahyu Widodo (09141095)
2)
Hirhowatul
Munaffiyanti (09141098)
3)
Inge
Febriliana (09141107)
4)
Lailatul
Mahmudah (09141121)
5)
Lailatul
Wahida Ulfa (09141122)
6)
Siti
Hani’ah (09141201)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEKOLAH
DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI MADIUN
2013
BAB
V
LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Laporan
penelitian merupakan satu dokumen penting yang mendokumentasikan segala
komponen penelitian, mulai dari latar belakang munculnya masalah, rumusan
masalah, tujuan penelitian, hipotesis, manfaat penelitian, metodologi
penelitian, analisis data, temuan dan diskusi, serta kesimpulan dan
rekomendasi.
Laporan
penelitian di buat untuk memenuhi persyaratan serta untuk didesesiminasikan
atau disebarkan, baik melalui jurnal maupun berbagai pertemuan.
Sistematika Laporan Penelitian
Tindakan Kelas
Bagian
depan :
Halaman judul
Halaman publikasi
Halaman pengesahan
Abstraksi
Kata pengantar
Daftar isi
Daftar tabel (jika ada)
Daftar gambar (jika ada)
Daftar lampiran (jika ada)
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Berisi alasan mengapa tertarik
untuk meneliti masalah tersebut serta penyebab terjadinya masalah.
B. Identifikasi Masalah
Mengemukakan masalah yang lebih
spesifik yang terkait dengan yang akan diteliti, hubungannya satu sama lain,
dan uraikan masing-masing masalah tersebut.
C. Pembatasan Masalah
Jika masalah yang diidentifikasi
terlalu banyak, lakukan pembatasan masalah sesuai kemampuan, waktu, serta
situasi dan kondisi yang ada.
D. Rumusan Masalah
Rumuskan masalah dengan kalimat
tanya yang spresifik, jelas dan operasional.
E. Tujuan Penelitian
Kemukakan tujuan penelitian yang ingin dicapai.
F.
Manfaat
Hasil Penelitian
Sebutkan manfaat hasil penelitian
(bagi guru, siswa, sekolah dll yang relevan dengan hasil penelitian).
BAB
II KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN
A.
Kajian Teori
Kemukakan teori yang
menjadi dasar tindakan yang diteliti.
B. Kajian Hasil Penelitian Terdahulu
Kemukakan hasil penelitian
terdahulu yang pernah dilakukan penelitian lain tentang masalah.
C. Kerangka Berpikir
Kemukakan kerangka
berpikir yang menjelaskan hubungan logis antara teori dan tindakan yang
dilakukan.
D. Hipotesis Tindakan
Berisi tentang dugaan
sementara tentang cara yang dianggap terbaik dalam mengatasi masalah.
BAB
III METODE PENELITIAN
A. Objek Penelitian
Kemukakan fokus
tindakan yang akan dilakukan, jumlah siklus, serta tindakan tiap siklus.
B. Setting, Lokasi, dan Subjek Penelitian
Menyebutkan nama
sekolah, alamat, kondisi lingkungan fisik dan sosial, kelas,jumlah siswa,
kondisi dan karakteristik siswanya, serta alasan pemilihan kelas tersebut.
C. Metode Pengumpulan Data
Menyebutkan instrumen
yang digunakan, bentuk, kisi-kisi dan prosedur yang ditempuh dalam mengumpulkan
data.
D. Metode Analisis Data
Menyebutkan metode apa
yang digunakan, langkah-langkah serta pedoman refleksi yang digunakan untk
pengambilan kesimpulan.
BAB
IV HASIL PENELITIAN
A. Gambaran Selintas Setting Penelitian
Menjelaskan secara umum
mengenai apa yang terjadi di kelas pada saat tahapan-tahapan tindakan
dilakukan.
B. Uraian Secara Keseluruhan
Rangkumkan secara
keseluruhan apa yang terjadi pada setiap siklus sesuai hasil refleksi
masing-masing siklus.
C. Penjelasan Per Siklus
Menjelaskan secara
rinci langkah demi langkah untuk setiap siklus.
D. Pembahasan dan Pengambilan Simpulan
Mendalami apa yang
telah diperoleh untuk keseluruhan siklus tindakan.
BAB
V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
Kemukakan poin-poin
simpulan sesuai hasil pembahasan.
B. Saran untuk Tindakan Lebih Lanjut
Kemukakan saran-saran untuk pihak-pihak
tertentu.
Daftar
Pustaka
Lampiran-lampiran
(instrumen
penelitian, hasil tabulasi data mentah setiap siklus, tabel kerja analisis data,
surat penelitian dll.)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar