Pages

Kamis, 03 Januari 2013

Resume Buku.doc


RESUME BUKU
BAB V
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS



di susun oleh :
1)      Hery Wahyu Widodo               (09141095)
2)      Hirhowatul Munaffiyanti        (09141098)
3)      Inge Febriliana                         (09141107)
4)      Lailatul Mahmudah                 (09141121)
5)      Lailatul Wahida Ulfa               (09141122)
6)      Siti Hani’ah                               (09141201)






PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI MADIUN
2013




BAB V
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Laporan penelitian merupakan satu dokumen penting yang mendokumentasikan segala komponen penelitian, mulai dari latar belakang munculnya masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, hipotesis, manfaat penelitian, metodologi penelitian, analisis data, temuan dan diskusi, serta kesimpulan dan rekomendasi.
Laporan penelitian di buat untuk memenuhi persyaratan serta untuk didesesiminasikan atau disebarkan, baik melalui jurnal maupun berbagai pertemuan.

Sistematika Laporan Penelitian Tindakan Kelas
Bagian depan :
Halaman judul
Halaman publikasi
Halaman pengesahan
Abstraksi
Kata pengantar
Daftar isi
Daftar tabel (jika ada)
Daftar gambar (jika ada)
Daftar lampiran (jika ada)

BAB I  PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Berisi alasan mengapa tertarik untuk meneliti masalah tersebut serta penyebab terjadinya masalah.
B.  Identifikasi Masalah
Mengemukakan masalah yang lebih spesifik yang terkait dengan yang akan diteliti, hubungannya satu sama lain, dan uraikan masing-masing masalah tersebut.
C.  Pembatasan Masalah
Jika masalah yang diidentifikasi terlalu banyak, lakukan pembatasan masalah sesuai kemampuan, waktu, serta situasi dan kondisi yang ada.
D.  Rumusan Masalah
Rumuskan masalah dengan kalimat tanya yang spresifik, jelas dan operasional.
E.  Tujuan Penelitian
Kemukakan tujuan penelitian yang ingin dicapai.
F.   Manfaat Hasil Penelitian
Sebutkan manfaat hasil penelitian (bagi guru, siswa, sekolah dll yang relevan dengan hasil penelitian).

BAB II KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN
A. Kajian Teori
     Kemukakan teori yang menjadi dasar tindakan yang diteliti.
B. Kajian Hasil Penelitian Terdahulu
     Kemukakan hasil penelitian terdahulu yang pernah dilakukan penelitian lain tentang masalah.
C. Kerangka Berpikir
     Kemukakan kerangka berpikir yang menjelaskan hubungan logis antara teori dan tindakan yang dilakukan.
D. Hipotesis Tindakan
     Berisi tentang dugaan sementara tentang cara yang dianggap terbaik dalam mengatasi masalah.

BAB III METODE PENELITIAN
A. Objek Penelitian
     Kemukakan fokus tindakan yang akan dilakukan, jumlah siklus, serta tindakan tiap siklus.
B. Setting, Lokasi, dan Subjek Penelitian
     Menyebutkan nama sekolah, alamat, kondisi lingkungan fisik dan sosial, kelas,jumlah siswa, kondisi dan karakteristik siswanya, serta alasan pemilihan kelas tersebut.
C. Metode Pengumpulan Data
     Menyebutkan instrumen yang digunakan, bentuk, kisi-kisi dan prosedur yang ditempuh dalam mengumpulkan data.
D. Metode Analisis Data
     Menyebutkan metode apa yang digunakan, langkah-langkah serta pedoman refleksi yang digunakan untk pengambilan kesimpulan.

BAB IV HASIL PENELITIAN
A. Gambaran Selintas Setting Penelitian
     Menjelaskan secara umum mengenai apa yang terjadi di kelas pada saat tahapan-tahapan tindakan dilakukan.
B. Uraian Secara Keseluruhan
     Rangkumkan secara keseluruhan apa yang terjadi pada setiap siklus sesuai hasil refleksi masing-masing siklus.
C. Penjelasan Per Siklus
     Menjelaskan secara rinci langkah demi langkah untuk setiap siklus.
D. Pembahasan dan Pengambilan Simpulan
     Mendalami apa yang telah diperoleh untuk keseluruhan siklus tindakan.

BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
     Kemukakan poin-poin simpulan sesuai hasil pembahasan.
B. Saran untuk Tindakan Lebih Lanjut
     Kemukakan saran-saran untuk pihak-pihak tertentu.
Daftar Pustaka
Lampiran-lampiran (instrumen penelitian, hasil tabulasi data mentah setiap siklus, tabel kerja analisis data, surat penelitian dll.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar