Pages

Selasa, 09 Oktober 2012

PKM UKG



PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

PEMBINAAN CALON PESERTA UJI KOMPETENSI GURU (UKG) ONLINE CEGAH GURU GAGAP TEKNOLOGI

Bidang Kegiatan :
PKM Gagasan Tertulis

Diusulkan Oleh :

Ketua Kelompok     :      Lailatul Wahida Ulfa              (09141122)
Anggota kelompok   :    1. Hery Wahyu Widodo         (09141095)
                                     2. Siti Hani’ah                         (09141201)

 
   


INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
MADIUN
2012





Ringkasan
Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) dirasa terlalu mendadak oleh sebagian besar guru, terutama meraka yang mengalami gagap teknologi (gaptek) khususnya pada pengoperasian komputer dan internet. Kebanyakan  guru gaptek adalah mereka yang sudah berumur 45 tahun ke atas, karena pada saat mereka Sekolah Pendidikan Guru (SPG) belum menggunakan komputer.
Pembinaan calon peserta UKG dikhususkan pada cara pengoperasian komputer dan internet, serta penggunaan aplikasi soal UKG online. Pembinaan ini sangat diperlukan agar meminimalisir adanya guru gagap teknologi, sehingga semua peserta dapat mengikuti UKG dengan lancar.





Lembar Pengesahan
1.      Judul Kegiatan                           :  Pembinaan Calon Peserta Uji Kompetensi Guru (UKG) Online Cegah Guru Gagap Teknologi
2.      Bidang Kegiatan                        :  (     ) PKM-AI       ( √ )  PKM-GT
3.      Ketua Pelaksana Kegiatan
a.       Nama Lengkap               :  Lailatul Wahida Ulfa
b.      NPM                              :  09141122
c.       Jurusan                           :  Pendidikan Guru Sekolah Dasar
d.      Perguruan Tinggi            :  IKIP PGRI Madiun
e.       Alamat Rumah dan HP  :  Desa Doho, Dolopo, Madiun
                                          089673256261
f.       Alamat email                  :  ulpha_lailatul@yahoo.com
4.      Anggota Pelaksana Kegiatan     :  2 orang
5.      Dosen Pembimbing
a.       Nama Lengkap               : Drs. H. Ibadullah Mallawi, M. Pd.
b.      Alamat Rumah dan HP  :  Ds. Petungrejo, Kec. Nguntoronadi, Kab.
Magetan.
Madiun, 22 Oktober 2012
Menyetujui,
Menyetujui
Kaprodi



(Drs. H. Ibadullah Malawi, M.Pd.)
NIP. 110.070
Ketua Pelaksana




(Lailatul Wahida Ulfa)
NPM. 09141122

Dosen Pedamping



(Drs. H. Ibadullah Malawi, M.Pd.)
NIP. 110.070








Kata Pengantar

            Segala puji dan syukur kami haturkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul “Pembinaan Calon Peserta Uji Kompetensi Guru (UKG) Online Cegah Guru Gagap Teknologi.”
            Karya tulis ini ditujukan untuk mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tertulis (PKM-GT) 2012 yang diadakan oleh DIKTI. Melalui karya tulis ini, penulis ingin memberikan solusi terhadap permasalahan dari calon peserta UKG yang gagap teknologi.
Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kami sampaikan kepada Drs. H. Ibadullah Malawi, M.Pd. selaku dosen pendamping yang telah memberikan banyak bimbingan dan arahan kepada kami dalam penyusunan proposal gagasan tertulis ini. Tidak lupa penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan memberikan dukungan pada kami.
Kami menyadari terdapat banyak kekurangan baik dari segi materi, ilustrasi, contoh, dan sistematika penulisan dalam pembuatan proposal ini. Oleh karena itu, saran dan kritik dari para pembaca yang bersifat membangun sangat kami harapkan. Besar harapan kami proposal ini dapat diapresiasi sehingga dapat bermanfaat baik bagi kami sebagai penulis dan bagi pembaca pada umumnya terutama bagi dunia pendidikan.           



Madiun, 22 Oktober 2012

Penulis

Lailatul Wahida Ulfa
Hery Wahyu Widodo
Siti Hani’ah





DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL.......................................................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................. ii
RINGKASAN.................................................................................................. iii
KATA PENGANTAR...................................................................................... vi
DAFTAR ISI..................................................................................................... v
PENDAHULUAN............................................................................................ 1
Latar belakang.......................................................................................... 1
Rumusan Masalah..................................................................................... 1
Tujuan....................................................................................................... 1
Manfaat..................................................................................................... 2
TINJAUAN PUSTAKA..................................................................................... 2
Pembinaan.................................................................................................. 2
Uji Kompetensi Guru................................................................................. 2
Gagap Teknologi........................................................................................ 3
GAGASAN........................................................................................................ 3
KESIMPULAN.................................................................................................. 5
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 7







PENDAHULUAN

Latar Belakang
Tanggal 30 Juli 2012 guru seantero Indonesia disibukkan oleh hajatan besar Kemendikbud yaitu Uji Kompetensi Guru. Sebuah perhelatan evaluasi terhadap kompetensi para guru dalam bentuk test online.
Uji Kompetensi Guru (UKG) online dimaksudkan untuk menguasai pemetaan kompetensi guru pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional, dimana peta penguasaan kompetensi guru tersebut akan digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam pemberian program pembinaan dan pengembangan profesi guru.
Pelaksanaan UKG tidak diimbangi dengan pembinaan terhadap guru-guru yang gagap teknologi. Dimana guru-guru tersebut sebagian besar tidak dapat mengoperasikan komputer dan internet dengan baik. Selain itu, pelaksanaan UKG online dirasa terlalu mendadak oleh sebagian guru, sehingga guru-guru tersebut kurang mempersiapkan materi untuk menyelesaikan soal-soal UKG online.
Dalam kenyataan dilapangan banyak guru yang kesulitan untuk login ke aplikasi soal, bahkan ada juga yang gemetar saat baru memegang komputer. Sehingga meminta bantuan kepada guru lain tentang cara pengoperasian aplikasi UKG tersebut.

Rumusan Masalah
Pelaksanaan pembinaan calon peserta UKG online kurang maksimal, sehingga dalam melaksanakan UKG online banyak guru yang mengeluh karena tidak dapat mengoperasikan komputer dengan baik.

Tujuan Penulisan
Penulis mempunyai tujuan yaitu untuk memaksimalkan pembinaan calon peserta UKG online yang gagap teknologi agar lebih bisa mengoperasikan komputer dan internet dengan baik dan benar. Hal ini dimaksudkan agar para guru lebih giat lagi dalam belajar komputer, sehingga mempermudah mereka dalam melaksanakan UKG online.

Manfaat Penulisan
            Dari gagasan ini diharapkan pemerintah dapat menyelenggarakan pembinaan kepada guru gagap teknologi sebelum diadakan UKG online.  Agar semua peserta dapat mengikuti UKG online dengan lancar.



TINJAUAN PUSTAKA

PEMBINAAN
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pembinaan adalah suatu usaha, tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara berdaya guna dan berhasil guna untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Menurut Widjaja (1989), pembinaan adalah suatu proses atau pengembangan yang mencakup urutan-urutan pengertian, diawali dengan mendirikan, membutuhkan, memelihara pertumbuhan tersebut yang disertai usaha-usaha perbaikan, menyempurnakan dan mengembangkannya.
Dari beberapa definisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pembinaan adalah suatu proses atau tindakan yang secara efisien, efektif dan bertahap dengan tujuan untuk mewujudkan perubahan dan menyempurnakan agar lebih baik.

UJI  KOMPETENSI  GURU
Uji Kompetensi Guru adalah sebuah perhelatan evaluasi terhadap kompetensi para guru dalam bentuk test online. Uji Kompetensi Guru (UKG) online dimaksudkan untuk menguasai pemetaan kompetensi guru pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional, dimana peta penguasaan kompetensi guru tersebut akan digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam pemberian program pembinaan dan pengembangan profesi guru.

GAGAP TEKNOLOGI
Gagap teknologi adalah ketidak mampuan seseorang dalam menggunakan perangkat teknologi modern (biasanya komputer). Seiring dengan perkembangan jaman yang modern ini, banyak sekali yang dalam aspek kehidupan ini jika tidak dengan bantuan teknologi serasa akan sulit dalam pelaksanaannya. Pelaksanaan teknologi ini sudah sangat menjadi sebuah keharusan dalam kehidupan msyarakat.



GAGASAN

            Gagasan penulisan ini didasarkan pada kondisi saat ini bahwa di Indonesia sedang hangat-hangatnya berita tentang pelaksanaan UKG online. Uji Kompetensi Guru adalah sebuah perhelatan evaluasi terhadap kompetensi para guru dalam bentuk test online. Adapun tujuan pemerintah dalam mengadakan UKG adalah :
1.      Pemetaan penguasaan kompetensi guru (kompetensi pedagogik dan profesional) sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
2.      Sebagai entry point penilaian kinerja guru dan sebagai alat kontrol pelaksanaan penilaian kinerja guru.
Sasaran dan Peserta UKG adalah seluruh guru baik yang menjajar di Sekolah baik yang memiliki sertifikat pendidik maupun yang belum memiliki sertifikat pendidik, yang akan dilaksanakan bertahap mulai tahun 2012. Jumlah total peserta UKG untuk guru bersertifikat pendidik 1.006.211 orang, dan guru belum bersertifikat pendidik 1.015.087 orang.
Peserta UKG pada prinsipnya adalah semua guru PNS dan bukan PNS yang mengajar di sekolah negeri dan swasta yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:
a.       Bagi guru bersertifikat pendidik
1)      memiliki sertifikat pendidik (tahun 2007-2011),
2)      pada tahun 2012 belum memasuki masa pensiun, dan
3)      masih aktif menjadi guru.
b.      Bagi guru belum bersertifikat pendidik
1)      Guru PNS atau guru tetap yayasan (GTY)
2)      Memiliki NUPTK (Nomor Unik Pegawai dan Tenaga Kependidikan)
Uji kompetensi guru pada tahun 2012 akan dilaksanakan dengan 2 (dua) cara yaitu:
1.      Sistem online
2.      Sistem manual (paper pencil test)
Pelaksanaan UKG diarahkan menggunakan sistem online. Bagi kabupaten/kota yang tidak memiliki perangkat yang memenuhi persyaratan sistem online, maka akan dilakukan dengan sistem manual. Pelaksanaan UKG untuk guru bersertifikat pendidik secara bertahap dimulai pada bulan Juli 2012 sampai dengan bulan September 2012. Sedangkan untuk guru yang belum bersertifikat pendidik akan dimulai pada tahun 2013.
Dalam pelaksanaan UKG online pemerintah kurang mempersiapkan peserta dengan baik. Disini dapat kita lihat banyak guru yang mengeluh tentang pelaksanaan UKG tersebut. Pemerintah seharusnya mempersiapkan dengan baik peserta yang akan mengikuti UKG online. Baik melalui sosialisasi maupun pembinaan khusus terhadap para calon peserta tersebut.
Dalam kenyataan di beberapa Dinas Pendidikan memang pemerintah sudah mensosialisasikan tata cara mengerjakan soal-soal UKG dan cara login untuk mengerjakan soal UKG tersebut. Namun, pemerintah tidak memperhatikan adanya guru yang tidak dapat mengoperasikan laptop ataupun komputer. Guru yang tidak dapat mengoperasikan komputer tersebut, merasa kebingungan dan mencoba mencari bantuan terhadap peserta lain. Dan pastinya tindakan tersebut mengganggu peserta lain yang sedang mengerjakan soal.
Sebaiknya pemerintah memberikan pembinaan pada guru-guru yang gaptek (tidak dapat mengoperasikan komputer). Pemerintah dapat meminta masing-masing sekolahan untuk menyetorkan nama guru calon peserta UKG yang gaptek. Dari daftar tersebut pemerintah dapat memberikan pembinaan pada setiap kecamatan.
Pembinaan yang dilakukan adalah dengan cara mengajarkan pada guru gaptek tersebut cara mengoperasikan komputer atau laptop mulai dari cara menyalakan sampai pada koneksi internet serta cara login pada aplikasi soal UKG. Setelah pembinaan dirasa sukses, pemerintah dapat melaksanakan UKG online dengan lancar, dan pihak guru tidak mempunyai beban tidak dapat mengoperasikan komputer lagi.



KESIMPULAN

Dalam pelaksanaan UKG online pemerintah kurang mempersiapkan peserta dengan baik. Disini dapat kita lihat banyak guru yang mengeluh tentang pelaksanaan UKG tersebut. Pemerintah seharusnya mempersiapkan dengan baik peserta yang akan mengikuti UKG online. Baik melalui sosialisasi maupun pembinaan khusus terhadap para calon peserta tersebut.
Dalam kenyataan di beberapa Dinas Pendidikan memang pemerintah sudah mensosialisasikan tata cara mengerjakan soal-soal UKG dan cara login untuk mengerjakan soal UKG tersebut. Namun, pemerintah tidak memperhatikan adanya guru yangb tidak dapat mengoperasikan laptop ataupun komputer. Guru yang tidak dapat mengoperasikan komputer tersebut merasa kebingungan dan mencoba mencari bantuan terhadap peserta lain. Ini pastinya sangat mengganggu peserta lain yang sedang mengerjakan soal.
Sebaiknya pemerintah memberikan pembinaan pada guru-guru yang gaptek (tidak dapat mengoperasikan komputer). Pemerintah dapat meminta  dapat meminta masing-masing sekolahan untuk menyetorkan nama guru calon peserta UKG yang gaptek. Dari daftar tersebut pemerintah dapat memberikan pembinaan pada setiap kecamatan.
Pembinaan yang dilakukan adalah dengan cara mengajarkan pada guru gaptek tersebut cara mengoperasikan komputer atau laptop mulai dari cara menyalakan sampai pada koneksi internet serta cara login pada aplikasi soal UKG. Setelah pembinaan dirasa sukses, pemerintah dapat melaksanakan UKG online dengan lancar, dan pihak guru tidak mempunyai beban tidak dapat mengoperasikan komputer lagi.

DAFTAR PUSTAKA


Depdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 1996 http://edukasi.kompasiana.com/2012/08/02/evaluasi-guru-jalur-ukg-atau-sistem-pengawasan-sekolah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar